Wawancara Kerja Via Telepon? Siapa Takut ?

Tuesday, March 6, 2012


Jika anda sudah mengetahui kiat sukses wawancara, mungkin anda tidak menyangka bahwa terkadang wawancara pekerjaan pun bisa dilakukan melalui telepon. Bagaimana jika hal ini menjumpai anda? Siapkah anda? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda pelajari, jika anda mendadak mendapat wawancara kerja via telepon.

Selalu persiapkan diri anda.
Interview kerja via telepon biasanya dilakukan sesuai dengan perjanjian dengan pihak terkait, tapi terkadang juga perusahaan sengaja melakukan panggilan telepon pada saat kita tidak mempersiapkannya. Jika anda pernah merasa melamar pekerjaan, persiapkanlah selalu diri anda. Siapkan beberapa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin berhubungan dengan jabatan yang anda ajukan, atau persiapkan jawaban "kenapa anda merasa layak untuk ditempatkan pada posisi tersebut".


Jika memang anda tidak menduga dan tiba tiba perusahaan menelepon, sampaikan pada pihak penelpon untuk menghubungi kembali beberapa menit lagi. Katakanlah 10 sampai 15 menit, beralihlah bahwa anda sedang mencari pulpen dan kertas untuk mencatat segala hal yang perlu disiapkan untuk interview tersebut. Pada saat perusahaan menelpon kembali, pastikan anda sedang berada ditempat dimana signal telpon sangat baik, selalu periksa dan periksa signal handphone anda. Jangan sampai telepon terputus cuma gara signal yang buruk, atau apalagi dikarenakan baterai low, ini menandakan bahwa anda adalah orang yang tidak selalu siap pada sebuah kondisi yang urgent.

Gunakan posisi terbaik saat menelpon.
meskipun lawan bicara tidak sedang berada dihadapan kita, jangan menganggap enteng kondisi wawancara via telepon. Cari posisi yang sangat sangat mungkin nyaman bagi anda, meskipun berdiri dan tidak duduk sekalipun, intonasi suara anda akan sangat banyak dipengaruhi oleh bagaimana tingkat kenyamanan anda pada saat interview via telepon.

Selain itu, carilah ruangan yang tenang. Atau tempat tenang yang tidak terlalu banyak orang. Jangan sekali kali menerima interview via telepon sambil membaca buku, online facebook, baca email, atau mendengarkan musik. Apalagi anda sampai memutus pembicaraan karena sedang berbicara dengan seseorang, itu adalah tindakan yang sangat tidak sopan.

Jika perlu, berlatihlah seolah olah anda benar benar menerima interview via telepon. Ajak teman atau kerabat anda, lakukan tanya jawab seperti sedang dalam telepon. Atau anda bisa merekam suara anda sendiri dan mengetahui bagaimana tekanan dan intonasi suara anda. Dengan begitu anda bisa mengkoreksi sendiri kekurangan dan kesalahan yang telah anda lakukan.

Tenang dan tidak terburu buru, jawablah setiap pertanyaan dengan tidak tergesa gesa, dan pikirlah dengan tenang setiap jawaban yang akan anda utarakan. Dengan begitu, anda akan terkesan lebih serius.