Posisi Tidur Yang Baik ( Tips menghindari sakit leher pada saat bangun tidur )

Monday, March 19, 2012

Jika tubuh ini sudah terlanjur capek dan mengantuk berat, memang kita kadang melupakan posisi tidur. Tahukah kamu bahwa posisi tidur kamu sangat mempengaruhi pada kesegaran kita saat bangun pagi. Berikut beberapa posisi tidur yang baik, selain untuk kesegaran, juga bisa mengurangi efek sakit leher pada saat tidur.

Terkadang karena terlalu lelah, kita langsung melemparkan diri keatas kasur dan tidur dengan posisi tengkurap. Padahal posisi tengkurap ini bisa menekan bagian perut, hati dan beberapa organ tubuh lainnya. Hal ini tentunya akan menyebabkan terhambatnya aliran udara serta aliran darah kita saat tertidur.



Posisi tidur dengan menghadap kearah kiri, dapat menekan organ jantung kita. Gunakan bantal untuk mengisi ruang kosong antara kasur dengan leher kamu. Dengan cara ini kita dapat mencegah sakit leher pada saat terbangun dari tidur.

Posisi tidur paling aman adalah dengan menghadap ke arah kanan. Disebut paling aman dikarenakan posisi tersebut tidak menekan organ jantung, sehingga aliran darah pada tubuh kita saat tertidur akan lebih lancar. Posisi tidur terlentang juga tergolong baik untuk peredaran darah.

Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi, tipis dan terlalu padat. Pakailah bantal untuk menopang bagian leher hingga kepala anda.