Pilih saat paling pas untuk berolahraga

Sunday, March 18, 2012

Olahraga itu, bisa disebut efektif jika dilakukan dengan porsi yang cukup, juga dikerjakan dengan porsi yang teratur. Carilah waktu berolah raga yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Anggap saja sebelum berangkat kesekolah, dengan interval dua hari sekali dan juga pada akhir minggu bersama sahabat atau teman kamu. Waktu paling baik untuk berolahraga adalah saat di pagi hari sehabis subuh. Atau antara pukul 5 sampai 7 pagi. Pada saat waktu tersebut, udara masih segar dan minim sekali dengan polusi.

Selain pada jam-jam tersebut, hindari untuk berolahraga pada interval jam 9 sampai jam 3 sore hari. Hal ini dikarenakan untuk menghindari efek buruk dari sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Jika memang harus berolahraga pada jam-jam tersebut, gunakanlah topi dan pakaikan sunblock pada kulit kita.


Ada alternatif lain bagi yang tidak sempat bangun pagi, yaitu diatas jam 3 sore hingga sebelum jam 6 sore. Jangan lebih, apalagi sampai larut malam. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena tubuh kita perlu menetralisir jantung yang terpacu cukup cepat saat berolahraga, minimal selama 2 jam sebelum tidur.