Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam membeli obat obatn herbal

Tuesday, March 6, 2012

Meskipun kebanyakan obat-obatan herbal aman untuk dikonsumsi, ada kalanya anda harus berhati hati. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda terapkan dalam memilih obat obatan herbal. Tips berikut adalah hanya untuk berhati hati. Selebihnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda.

1. Pastikan anda telah membeli obat herbal yang sudah terdaftar pada POM. Periksa kemasan, atau bisa menanyakan pada pihak apotek apakah obat tersebut sudah terdaftar pada POM.

2. Untuk mencegah terjadinya interaksi dengan obat-obatan lain yang anda konsumsi, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter anda mengenai obat herbal yang sedang anda konsumsi. Berbahaya jika kita tidak mengetahui bahan bahan yang terkadang bisa berinteraksi dengan obat berbahan kimia.


3. Jika anda sedang hamil atau menyusui, pastikan pada kemasan terdapat keterangan bahwa obat herbal tersebut aman untuk anda konsumsi. Hal tersebut harus anda lakukan untuk menjaga kondisi bayi yang sedang anda kandung.

4. Bagi yang akan mengalami operasi, sebaiknya beritahukan kepada dokter perihal obat-obatan herbal yang pernah anda konsumsi. Ini dikarenakan ada beberapa obat herbal yang dapat mempengaruhi proses anestesi atau dapat menyebabkan terjadinya komplikasi. Contoh komplikasi yang diakibatkan adalah meningkatnya tekanan darah dan meningkatkan resiko terjadinya pendarahan.

5. Lakukan pengawasan bagi pengguna obat herbal dibawah umur 18 tahun. Kebanyakan obat herbal tidak diujikan kepada anak dibawah umur, kecuali telah tersedia dosis untuk anak dibawah umur. Hal yang sama harus juga anda terapkan kepada pengkonsumsi obat yang sudah lanjut usia.