Mari pilih obat obatan yang alami

Tuesday, March 6, 2012

Kita sebagai masyarakat Indonesia, tentu saja banyak mempunyai beragam jenis obat dari bahan herbal. Apalagi belakangan ini, berbagai jenis pengobatan tradisional yang menggunakan bahan bahan herbal mulai marak beredar dimasyarakat kita. Bahkan beberapa produsen pengobatan, saat ini sedang meneliti kandungan khasiat alami yang terdapat pada bahan herbal untuk memasukan bahan tersebut pada obat-obatan yang mereka produksi.

Bahan obat herbal ini tentunya diambil dari bagian dari tanaman yang dipergunakan untuk memberikan aroma dan perasa, sebagai bahan pengobatan atau bisa digunakan untuk mengingkatkan vitalitas kesehatan tubuh. Banyak sekali saat sekarang ini, bahan herbal yang sudah kita gunakan berturun turun dari jaman nenek moyang, mulai tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul. Bahan bahan yang mereka gunakan adalah bahan tradisional khas negeri tercinta kita ini.


Jika dibandingkan dengan obat berbahan kimia, tentu efek samping dari obat-obatan berbahan herbal lebih sedikit efek samping, bahkan nyaris tidak ada efek samping. Obat-obatan jenis herbal ini lebih ditekankan kepada sumber penyakit. Jadi bahan tersebut akan bersifat lebih menyembuhkan atau kita kenal dengan sebutan kuratif.

Meskipun reaksi dari obat-obatan herbal ini cukup lamban, namun obat jenis ini bersifat rekonstruktif, atau memperbaiki organ dan sel sel tubuh yang rusak. Obat herbal diutamakan sebagai obat untuk mencegah penyakit, dan bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit komplikasi bahkan penyakit yang sudah bertahun tahun yang memerlukan waktu lama untuk diobati.

Berbeda dengan obat herbal, obat berbahan kimia lebih ditekankan untuk menghilangkan gejala penyakit saja. Biasanya obat berjenis kimia akan bersifat sympthomatis atau cuma digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Apalagi obat kimia, jika tepat maka akan mengobati penyakit, sebaliknya jika tidak tepat maka akan menjadi racun bagi tubuh. Maka dari itu, dunia kedokteran lebih menggunakan obat kimia untuk proses penyembuhan segera saja. Reaksinya sangat cepat, namun berbahaya bagi bagian tubuh yang lain. Lama kelamaan dapat menimbulkan iritasi bagian lambung dan hati. Bahkan bisa juga menyebabkan kerusakan bagian ginjal tubuh kita.