Laut beserta isinya adalah kekayaan alam yang patut kita jaga ( Manfaat ikan tuna )

Sunday, March 4, 2012


Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan saat negri kita tercinta Indonesia yang terdiri dari beribu ribu pulau, memiliki perairan laut yang sangat terhampar luas, dari kota sabang hingga merauke. Namun tahukah kita, bahwa kian tahun, kekayaan alam kita ini semakin menipis. Berikut yang perlu kita pelajari tentang laut. Yang mungkin setelah pembaca blog ini mengetahui betapa berjasanya lautan akan kesehatan kita, akan ikut memperbudidayakan serta menjaga kekayaan alam yang sudah kita miliki sejak jaman nenek moyang yang merupakan Anugrah besar dari TUHAN yang mungkin tidak akan habis hingga anak cucu kita nanti.


Dilaut terdapat ikan tuna yang sehat juga lezat.
Tahukah anda bahwa ikan tuna merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh citarasa dari ikan tuna itu sendiri, serta ikan tuna adalah merupakan santapan yang sehat.

Ikan tuna memiliki kandungan gizi dua kali kadar protein pada telur. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar koresterol dalam darah dan juga berfungsi untuk menghambat terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Bukan itu saja, asam lemak omega 3 berperan penting dalam tumbuh kembang dari sel sel saraf. Termasuk salah satunya sel otak, yang membuat otak kita jauh lebih cerdas. Zat ini sangat penting diberikan kepada anak anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan.

Pada ikan tuna terdapat sumber mineral
Selain banyak manfaat diatas, ikan tuna juga ternyata bisa digunakan untuk mencegah penyakit gondok. Kandungan iodium yang terdapat pada ikan tuna mencapai 28 kali lipat dibandingan dengan ikan air tawar.

Ikan tuna juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit kangker. Ini dikarenakan, ikan tuna kaya akan zat selenium.

Jika kita mengkonsumsi sekitar 30 gram sehari, maka kita akan menghidari resiko serangan jantung. Kandungan rasio kalium dan natriumnya berbanding 5:1. Zat kalium bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah, untuk terapi penderita darah tinggi, juga bermanfaat untuk membersihkan zat karbon dioksida dalam darah. Kalium tinggi bermanfaat untuk memperlancara pengiriman oksigen ke otak, juga dapat membantu memperlancar keseimbangan carian dalam tubuh.

Sumber Afrodisiak,
Laut selain memiliki ikan tuna yang lezat, juga berfungsi sebagai sumber makanan afrodisiak ( aphrodisiac ) yaitu:
-Kerang
Kerang adalah makanan afrodisiak yang sudah dikonsumsi oleh orang orang romawi sejak abad ke 2. Kandungan Zinc dalam dapat meningkatkan produksi sperma.

-Ikan buntal durian, ikan yang satu ini kita harus berhati hati jika mengkonsumsinya. Karena jika kita tidak dapat mengolah ikan ini dengan benar, kita akan keracunan.

-Bulu babi
Siapa yang tidak tahu dengan yang satu ini, bulu babi sering kita jumpai pada saat berenang atau menyelam dilaut. Bulu ini sangat berbahaya jika tertusuk pada kulit kita. Karena akan menyebabkan bengkak dan menangis pastinya. Bagi beberapa masyarakat dijepang. Bulu babi yang sudah direbis dapat juga digunakan untuk menaikan libido jika mengkonsumsinya.